• Capres nomer urut 01 Joko Widodo serta capres nomer urut 02 Prabowo Subianto saling ingin Pendidikan Pancasila di ajarkan semenjak Pendidikan Awal. Hal tersebut diungkapkan Jokowi serta Prabowo dalam debat ke empat Pemilihan presiden 2019 pada Sabtu (30/3/2019) malam. Waktu itu, kedua-duanya berdiskusi menjawab pertanyaan bertemakan ideologi. " Kita mesti masukkan Pancasila ke pendidikan bangsa kita. Pendidikan dari kecil, dari mula, dari umur awal, Taman Kanak-Kanak, " kata Prabowo. " Perihal dirumuskannya Pancasila, didirikannya Pancasila ini mesti dikasihkan dalam pendidikan-pendidikan anak-anak kita, semenjak, tidak dari TK, dari mulai PAUD. PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Kampus, S2, S3, " kata Jokowi. Terus bagaimana urutan Pancasila dalam kurikulum pendidikan Indonesia sekarang? Tingkat pendidikan tinggi Di tingkat pendidikan tinggi, pendidikan perihal ini diungkapkan dalam mata kuliah khusus, umpamanya Pancasila atau Kewarganegaraan. 

     

    Mata kuliah ini dikasihkan pada semua mahasiswa lintas keilmuan, rata-rata di pendidikan perihal ideologi serta berkebangsaan ini dapat dikasihkan di semester awal mengenyam bangku kuliah. Tetapi, aplikasinya dapat berlainan antar institusi, bergantung pada keputusan semasing penyelenggara pendidikan. Soal ini sama dengan Tips Penataan Kurikulum Pendidikan Tinggi dari Kementerian Analisa, Technologi, serta Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2016, yang berbunyi : " Amanat Undang-Undang Nomer 12 Tahun 2012 Kasus 35 ayat 2 perihal kurikulum menjelaskan jika Kurikulum Pendidikan Tinggi di kembangkan oleh tiap-tiap Perguruan Tinggi sama dengan Standard Nasional Pendidikan Tinggi ( SN Dikti) untuk tiap-tiap Program Studi yang meliputi peningkatan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, serta keahlian. 

     

    " Tingkat sekolah basic serta menengah Dalam kurikulum yang banyak ditempatkan di sekolah-sekolah sekarang, Kurikulum 2013 (K13) , Pancasila dikemas dalam suatu mata pelajaran bernama Pendidikan Pancasila serta Kewarganegaraan (PPKn) . PPKn dikasihkan di banyak tingkat pendidikan dimulai dengan tingkat SD, SMP, sampai SMA serta sederajat. K13 diketahui menjadi penyempurnaan dari kurikulum pendidikan awal kalinya. Dalam kurikulum ini, praktek atau implementasi dari materi berubah menjadi satu diantara bidikan pokok. Juga dengan PPKn dalam kurikulum ini yang mempunyai ciri-ciri tidak sama dengan yang awal kalinya. 

     

    PPKn dalam K13 diproyeksikan untuk berbagai hal tersebut : Pembentukan pembawaan bangsa Jadikan seseorang penduduk negara yang bertanggung-jawab Ada kompetensi untuk lakukan tindakan fakta menjadi penduduk negara Tidak sekedar pengetahuan, tapi perbuatan fakta serta sikap sehari-harinya Pendidikan Awal Di tingkat Pendidikan Awal, menurut Arahan Tehnis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak, tidak ada pelajaran-pelajaran dengan cap nama spesial, termasuk juga PPKn, Matematika, dan lain-lain. Memandang Kurikulum Tingkat Grup Pendidikan (KTSP) PAUD, di tingkat ini anak-anak tidak dikasihkan pelajaran dengan label-label khusus seperti mata pelajaran atau mata kuliah di tingkat pendidikan lalu. Anak didik di tingkat ini disiapkan untuk dapat terima skema pembelajan di SD kelas awal. Muatan dikasihkan dengan pendekatan kekeluargaan hingga tumbuh sikap sama-sama asah, asih, serta asuh. 

     


    your comment
  • Puncak Gunung Kelud sekarang sudah beralih muka. Penampakannya serupa dengan Tangkuban Perahu di Jawa Barat atau Kelimutu di Ende, yang miliki danau kawah. 

     

    Air di danau kawah Gunung Kelud yang masih tetap aktif itu berwarna hijau pupus. Penampakan yang demikian berlangsung karena dampak gas belerang. Jika disaksikan waktu matahari keluar, warnanya kemilauan terserang sinar. 

     

    Awal mulanya, kawah Gunung Kelud itu disumbat oleh kubah yang memiliki bentuk seperti anak gunung. Waktu erupsi 2014 berlangsung, puncak ini roboh. Bekas material dari erupsi yang didului gempa tremor itu sudah menumpuk semua bagian tebing. 

     

    Baca : teks khutbah jumat pertama dan kedua

     

     

    Di tebing-tebing yang mengelilingi anak Gunung Kelud, dahulu, ada jalan yang dapat dilewati wisatawan. Mereka bisa melihat penampakan gunung yang berada di tiga kabupaten itu, yaitu Blitar, Kediri, serta Malang, dari dekat. 

     

    Dari dokumentasi Kantor Arsip serta Perpustakaan Kabupaten Kediri, penampakan fisik puncak Gunung Kelud pasca-erupsi 2014 serupa dengan penampakannya pada 1901. Perwakilan Dinas Pariwisata serta Kebudayaan, Eko Priatno, yang didapati Tempo di Kediri, Minggu, 22 Januari 2018, menjelaskan puncak Kelud sekarang kembali ke bentuk aslinya. 

     

    Danau kawah Gunung Kelud ini dikeliling tiga puncak, yaitu puncak Sumbing, puncak Gajah Mungkur, serta puncak Kelud. Puncak tertinggi ialah puncak Kelud. Ketinggiannya sampai 1.731 mtr. diatas permukaan laut (mdpl).Panorama danau kawah puncak Gunung Kelud dari lokasi spesial periset. Tempo/Francisca Christy Rosana 

     

    Waktu terunggul untuk melihat danau di puncak Gunung Kelud ini ialah pagi hari, persisnya waktu matahari keluar. Upayakan juga hadir waktu kemarau, mulai April sampai Agustus. Karena, saat Tempo hadir pada musim hujan ini, matahari tidak muncul. Panorama seputar juga terlihat putih tertutup kabut. 

     

    Baca juga : teks eksemplum adalah

     

    Untuk ke arah puncak, pengunjung mesti naik jeep dari pintu loket masuk ke arah tempat parkir. Tarifnya Rp 375 ribu untuk empat orang. Juga bisa naik shuttle bus dengan tarif Rp 100 ribu per angkutan yang muat 8-10 orang. 

     

    Dari tempat parkir, pengunjung kudu berjalan kaki ke arah puncak Gajah Mungkur dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam. Jadi, untuk memperoleh momen matahari keluar, anda harus mengawali pendakian pada jam 04.00. 

     

    Lokasi yang dulunya digunakan untuk jalan pengunjung berkunjung ke puncak Gunung Kelud sekarang belum juga dibuka untuk umum. Sesaat waktu, lokasi itu hanya dapat didatangi periset atau dinas ditempat Lokasi ini akan dibuka kembali untuk umum di akhir Desember 2018. Sekarang ini, jalan ke arah lokasi itu tengah diperbaiki.


    your comment
  • Perkembangan ekonomi pada kuartal II/2018 yang terdaftar sebesar 5, 27% y-y sudah memberi keinginan yang tinggi buat perubahan ekonomi Indonesia. 

     

    Akan tetapi, konsisten ada berbagai hal yang wajib kita garis bawahi dalam memastikan langkah dalam peningkatan ekonomi kedepan. Satu diantaranya elemen khusus itu merupakan keadaan neraca berjalan serta neraca pembayaran Indonesia. 

     

    Pada kuartal II/2018, kegalauan pasar keuangan mengenai melebarnya defisit neraca berjalan Indonesia cukuplah bisa dibuktikan dengan melebarnya defisit neraca berjalan Indonesia dari cuma sebesar US$5 miliar di kuartal I/2018 berubah menjadi US$8, 1 miliar di kuartal II/2018, sama dengan 3, 03% dari produk domestik bruto (PDB) , dikit melalui batas aman obyek Bank Indonesia yang sebesar 3% dari PDB. 

     

    Di luar ada gejolak ekonomi global, perang dagang pada Amerika Serikat serta China, terdepresiasi dalamnya mata uang lira serta selalu naiknya suku bunga the Fed, serta kemungkinan internal seperti melebarnya neraca berjalan berubah menjadi soal yang khusus buat dilihat. 

     

    Ada defisit neraca berjalan yang selalu jadi membesar dengan cara makroekonomi perlihatkan kalau satu negara tengah kerjakan tingkat investasi yang tinggi, di mana tingkat investasi itu semakin besar dibanding tingkat tabungan yang mereka punyai (Neraca berjalan merupakan investasi dikurangi tabungan) . 

     

    Bila kita menyaksikan keadaan ekonomi Indonesia waktu ini, yang tengah giat kerjakan pembangunan, khususnya bagian infrastruktur, defisit neraca berjalan berubah menjadi soal yang wajar. Terus apakah problemnya? Tidakkah peningkatan infrastruktur ini merupakan soal yang baik? 

     

    Baca : tujuan teks eksplanasi

     

    Buat menjawab hal itu, kita mesti menyaksikan berbagai hal, baik dari kaca mata ekonomi domestic atau kaca mata ekonomi global. 

     

    Dari ekonomi domestik, terdapat sejumlah ketaksamaan ekonomi Indonesia setahun lebih terus serta saat ini. Bila 6—9 tahun yang kemarin diperlukan prosentase sebesar 5, 1% investasi di dalam PDB buat membuahkan 1% perkembangan ekonomi, waktu ini kita memerlukan 6, 4% jumlah investasi di PDB buat dapatkan 1% perkembangan ekonomi. 

     

    Apabila pada periode 2012—2013 kita dibutuhkan perkembangan ekonomi di atas 5, 5% buat sampai defisit neraca berjalan sebesar 3%, pada keadaan ekonomi waktu ini yang memerlukan investasi yang tinggi sekali, angka 5, 2% perkembangan ekonomi saja akan cukuplah buat menambah defisit neraca berjalan kita ke atas 3% dari PDB. Angka ini adalah batas atas aman yang ditargetkan oleh Bank Indonesia. 

     

    Kecilnya kekuatan kita buat menumbuhkan export sewaktu harga komoditas tinggi berubah menjadi soal yang wajib kita perhatikan, lantaran ikut bertindak atas melebarnya neraca transaksi berjalan. Pendek kata, bila waktu ini kita masih tetap mengupayakan tumbuh tambah tinggi diatas 5, 2% tidak adanya pergantian susunan ekonomi yang bermakna, defisit neraca berjalan akan ada di atas batas aman 3, 0%. 

     

    Dari bagian ekonomi global, pengetatan likuiditas lewat kenaikan suku bunga yang dijalankan Amerika Serikat tentu saja bikin keinginan imbal dari hasil pengelola dana global juga kian tinggi. 

     

    Apakah efeknya buat negara berkembang seperti Indonesia? Bila dalam keadaan likuiditas yang longgar, keadaan defisit yang tinggi masih tetap dimaklumi, toleransi buat defisit neraca berjalan satu negara berkembang maksud investasi condong akan turun. 

     

    Contoh fakta buat soal ini merupakan ada pelarian kapital (outflow) serta kejatuhan nilai pindah yang berlangsung di Turki sehabis harapan neraca berjalannya diindikasikan akan kian defisit sehabis pemberlakuan tarif perdagangan baru buat Amerika Serikat. 

     

    Baca Artikel Lainnya : teks opini beserta strukturnya

     

    Pendek kata, buat sampai keselarasan baru ditengah-tengah ada trend kenaikan bunga global, soal yang wajib kita melakukan merupakan selalu turunkan defisit neraca berjalan, baik itu dengan menambah kapasitas pemasukan valas atau turunkan pengeluaran valas. 

     

    Koreksi Ekonomi 

     

    Neraca berjalan berkenaan dengan nilai pindah rupiah, lantaran defisit yang besar memandang perlu mata uang dalam rezim mata uang mengambang selalu alami pelemahan buat sampai keselarasan barunya. 

     

    Menyaksikan kembali periode tingginya defisit neraca berjalan pada periode 2013—2015, saat itu stabilitas nilai pindah rupiah berubah menjadi soal yang sukar digapai. Stabilitas diperoleh pada periode 2016—2017 sewaktu defisit neraca berjalan lebih rendah serta likuiditas global yang lebih longgar. 

     

    Buat melawan soal ini, pengetatan sudah dijalankan oleh Bank Indonesia serta Kementerian Keuangan dengan cara pas sudah turunkan obyek penerbitan obligasi negara. Ke dua proses ini bisa dilihat menjadi proses koreksi ekonomi ketujuan keselarasan baru. 

     

    Nantinya, dengan keadaan global yang mengetat, soal tentu yang dapat kita melakukan buat mengawasi stabilitas yakni dengan tidaklah terlalu memaksakan diri dalam kejar perkembangan ekonomi yang tinggi. Karena perkembangan tinggi akan bikin import serta defisit tinggi juga, yang kedepannya akan memperlemah nilai pindah rupiah. 

     

    Kita percaya diri kalau ada proses rebala


    your comment
  • Gagasan penghilangan Ujian Nasional (UN) yang disuarakan Calon wakil presiden Sandiaga Uno tidak di setujui oleh Wakil presiden Jusuf Kalla (JK). Menurut JK, UN begitu penting untuk kualitas pendidikan di Indonesia. 

     

    Menanggapi itu, Calon wakil presiden Sandiaga Uno menghormati opini JK. Akan tetapi, Sandi menyatakan kualitas pendidikan di Indonesia belumlah rata serta UN jadi beban siswa. 

     

    "Tentu saja ada yang sepakat ada yang tidak sepakat, mari kita membuka diskursus, kami yakini jika kualitas pendidikan di semua pelosok negeri ini belumlah rata serta ujian nasional itu menyebabkan pola-pola dimana sekolah menguber tingkat kelulusan itu dengan beberapa cara yang pada akhirnya memberatkan siswa, pendidik serta itu begitu tidak fair, tidak adil," kata Sandi di Jakarta, Rabu (20/6). 

     

    Oleh karena itu, Sandi miliki langkah revolusioner untuk akan memutuskan meniadakan UN serta ditukar dengan pencarian bakat dan minat siswa. Ia memberikan beberapa negara maju telah meniadakan UN karena biayanya besar sekali. 

     

    "Itu (UN) biayanya besar sekali, terdapat beberapa yang bocor dan lain-lain. Yang lebih terpenting pendidikan membuahkan peserta didik yang selesai berkualitas, mempunyai kecerdasan, kecakapan, budi pekerti yang baik, ahklakul karimah, ini dapat dikerjakan bukan dengan standarisasi," jelas Sandi. 

     

    Nanti, kata Sandi, pencarian bakat dan minat dikerjakan dengan standard semasing sekolah dengan kearifan lokalnya. Langkah tersebut juga dikerjakan di luar negeri. Bila dipilih, Sandiaga akan pengaturan dengan pihak Dinas Pendidikan. 

     

    "Tentu saja ini akan pas untuk Jakarta mungkin standard tinggi tetapi untuk daerah lainnya dapat sesuai serta modelnya banyak kok dimana saja di luar negeri sangatlah umum digunakan," katanya. 

     

    Menurut Sandi, Indonesia ialah negara besar yang mempunyai lebih dari 17.000 pulau serta 500 lebih Kabupaten serta kota. Tingkat kualitas pendidikannya juga masih tetap bermacam. 

     

    "Untuk memukul rata semacam itu (dengan UN) sedikit susah. Itu telah dicoba berulang-kali serta belumlah ada yang berani sebab ini tidak populis. Pada saat pemilu berikut, Prabowo-Sandi mengambil ketetapan, what's right for the country should be introduce," jelas Sandi. 

     

    "Jadi janganlah sebab takut kehilangan elektoral, kami tidak memberi penawaran kebijaksanaan yang Insya Allah membuat skema pendidikan kita lebih adil, berkualitas, akses pendidikan pun kami naikkan. Serta yang terpenting ialah kualitas pendidik tersebut yang sampai kini pun masih tetap tersisa banyak permasalahan," imbuhnya. 

     

    Awal mulanya, Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak sepakat dengan gagasan Calon Wakil Presiden nomer urut 02, Sandiaga Uno menghapuskan Ujian Nasional (UN). JK memandang UN begitu penting untuk kualitas pendidikan di Indonesia. 

     

    "Jadi jika ingin dihapuskan itu beresiko malah untuk kualitas pendidikan. Ada UN saja kualitas pendidikan kita masih tetap rendah, ditambah lagi jika tidak ada," kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (19/3). 

     

    Ia menuturkan UN begitu penting untuk mengevaluasi pendidikan Indonesia. Menurut dia, ini jadi hanya satu langkah memandang kualitas pendidikan serta siswa. JK pun menuturkan ujian itu ialah langkah pemerintah lihat daerah telah mempunyai standard pendidikan yang baik atau belumlah. 

     

    "Kita harus juga mengawasi standard jika standard nasioal dimana juga di Indonesia itu tingkat pengetahuan dibanding lulusan SD,SMP,SMA itu mesti mendekati nilai atau mendekati potensi yan kita ada awal mulanya," kata JK. 

     

    Ketua Dewan Pengarah Team Kampanye Nasiona (TKN) Jokowi- Ma'ruf Amin ini pula tidak sepakat berkaitan gagasan Sandi ganti UN jadi tes talenta minat. Menurutnya, hal itu sangat susah. 

     

    "Itu diperlukan, berapakah siswa setiap tahun? 5 juta. Bagaimana dapat membakatkan orang 5 juta satu tahun," papar JK.


    your comment
  • Dinas Pendidikan serta Berolahraga (Dikpora) Kabupaten Kulonprogo memohon Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak lakukan pemadaman listrik waktu Ujian Nasional (UN) terjadi. Kepala Seksi Kurikulum serta Penilaian SMP pada Dikpora ditempat Sumarni SPd menyampaikan untuk menyikapi perihal itu pihaknya udah bekerja bersama-sama dengan PT PLN Cabang Wates. 

     

    " Tidak cuman memohon biar PLN tidak lakukan pemadaman listrik waktu ujian, kami ikut mensyaratkan pelaksana ujian sediakan genset untuk menyikapi padamnya listrik, " tangkisnya. 

     

    Sesaat Kepala Bagian Pembinaan SD Disdikpora, Suharyono menyampaikan, UN tingkat SD/ MI bakal dilakukan pada 22 - 24 April 2019 dengan tiga mata pelajaran yg diujikan mencakup Bahasa Indonesia, Matematika serta IPA. " Banyaknya peserta yg bakal ikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Kulonprogo sekitar 6. 122 siswa, terdiri 3. 227 lelaki serta 2. 895 wanita. Peserta ujian datang dari 362 sekolah yg terbagi dalam 273 SD negeri, 60 SD swasta, 3 MI negeri serta 26 MI swasta, " katanya. 

     

    Masalah USBN diatur berdasar pada kisi-kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 yg diputuskan oleh Balitbang, sedang untuk paket masalah USBN adalah perpaduan masalah. Sekitar 20% hingga sampai 25% masalah diputuskan oleh Kementerian serta 75% masalah diatur dan diputuskan oleh Penyelenggara USBN DIY. 

     

    Sedang UNBK tingkat SMP bakal dilakukan pada 22 - 25 April 2019 dengan empat mata pelajaran mencakup Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika serta IPA. Mengenai banyaknya siswa yg bakal ikuti UNBK sekitar 5. 964 anak. Datang dari 79 sekolah terbagi dalam 36 SMP negeri, 29 SMP swasta, 6 MTs negeri serta 8 MTs swasta. " Untuk persiapan saat UNBK, 49 sekolah bisa melakukan UNBK dengan cara mandiri serta sekitar 30 sekolah menumpang ke sekolah lainnya, " tuturnya.


    your comment


    Follow this section's article RSS flux
    Follow this section's comments RSS flux