• Nama Rocky Gerung beberapa waktu ini selalu jadi penuturan publik. Baik di sarana arus pokok (mainstream) serta di jejaring sosial. Khususnya waktu Rocky Gerung mengemukakan jika “Kitab suci ialah Fiksi”. “Fiksi ialah, banyak dicari di search engine Google. 

     

    Waktu itu, Rocky Gedung mengemukakan jika “Kitab suci ialah fiksi”. Dari pengucapan itu, Rocky Gerung dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Ada dua pelapor dalam masalah itu. Antara lain, Jack dengan nomer LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018. 

     

    Tidak hanya Jack, Permadi Aria atau yg popular pada dunia maya Abu Janda. Dia melapor ke Polda Metro Jaya pada 11 April 2018. Laporan Abu Janda bernomor polisi TBL/2001/IV/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus. 

     

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , fiksi ada tiga ragam artian. Diantaraya, 1) fiksi ialah narasi rekaan (roman, novel, dan lain-lain) , 2) rekaan ; idaman ; tdk menurut fakta, 3) pengakuan yg cuma menurut idaman atau pikiran. 

     

    Sesaat fiksi menurut Rocky Gerung ialah, fiksi ialah nada daya untuk aktifkan imajinasi yg terpenting serta positif. 

     

    Baca : tujuan norma

     

    “Beda dengan fiktif yg condong mengada-ngada. Itu telah berulang-kali saya terangkan bahkan juga dengan amat jelas, ” tuturnya, selesai menekuni proses klarifikasi di Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya, Jumat (1/2/2019) . 

     

    Menurut Rocky Gerung, ke dua pelapor dianggap tdk mengerti apakah ketaksamaan fiksi serta fiktif. “Rupanya si pelapor itu tidak berhasil mengerti beda pada fiksi serta fiktif, ” ujarnya, waktu di tanya mass media. 

     

    Disamping itu, menurut Wikipedia, fiksi ialah narasi atau latar yg datang dari imajinasi dalam kata berbeda, tdk dengan cara ketat menurut riwayat atau bukti. Fiksi dapat digambarkan dalam beraneka format, termasuk juga tulisan, pertunjukan langsung, film, acara tv, animasi, permainan video serta permainan peranan. 

     

    Karya fiksi adalah dari hasil imajinasi kreatif, jadik kecocokannya dengan dunia fakta rata-rata dimisalkan oleh audiensnya. Kebenaran dalam fiksi tdk mesti searah dengan kebenaran yg laku pada dunia fakta. 

     

    Disamping itu, menurut pencarian Litbang TIMES Indonesia dari beragam sumber, artian fiksi ialah suatu prosa naratif yg sifatnya imajinatif atau karangan non-ilmiah dari penulis serta bukan berdasarkan fakta. 

     

    Jadi, fiksi tdk berlangsung pada dunia fakta serta cuma berdasarkan imajinasi atau pikiran seorang. Akan tetapi, walaupun fiksi cuma imajinasi, namun masih tetap masuk logika serta dapat punya kandungan kebenaran yg dapat mendramatisasikan hubungan-hubungan antar manusia. 

     

    Baca Juga : ruang lingkup sejarah

     

    Ada sekian banyak type karya seni yg termasuk juga dalam tulisan fiksi, antara lain, novel, cerpen, sinetrong, drama, telenovela, film kodemi serta yang lain. Sesaat menurut beberapa pakar, seperti Krismarsanti, jika fiksi ialah karangan yg berisi kejadian atau narasi yg dibikin menurut idaman atau imajinasi pengarang. 

     

    Sesaat menuru Thani Ahmad, fiksi ialah narasi naratif yg muncul dari imajinasi pengarang serta tdk mengindahkan bukti riwayat. 

     

    Mengenai tanda-tanda fiksi, sifatnya rekaan atau imajinasi dari pengarang, ada kebenaran yg relatif ataukah tidak mutlak. Umunya, fiksi memakai Bahasa yg sifatnya konotatif ataulah tidak sesungguhnya. 

     

    Beberapa waktu ini, bahkan juga di awalnya Februari 2019, figure Rocky Gerung, sukses menyemarakkan banyak pihak yg mencari serta mau tahu apakah sesungguhnya artian fiksi itu. Dapat di buktikan, publik banyak mencari arti apakah yang dimaksud fiksi. “fiksi adalah…” banyak dicarai search engine Google. 

     

    Bahkan juga keyword ‘Fiksi adalah’ semenjak ditampakkan Rocky Gerung, ada di trending topic Google, semenjak Jumat (1/2/2019) sampai Sabtu (2/2/2019) malam. Publik banyak mencari ada arti fiksi serta fikti di search engine Google.


    your comment
  • Di tahun 2019 ini, skema ujian SBMPTN alami pergantian dibanding tahun awal mulanya. Tes Kekuatan Akademik (TPA) sekarang dirubah jadi Tes Kekuatan Skolastik (TPS). Sedang Tes Potensi Basic (TKD) dirubah jadi Tes Potensi Akademik. Tetapi utamanya, tidak ada ketidaksamaan yang besar. 

     

    Akan tetapi, peluang masalah yang diujikan kelak miliki level kesusahan yang tambah tinggi. Sebab gagasannya akan memakai soal-soal HOTS (High Order Thinking Skills). 

     

    Penerapan ujian SBMPTN tahun 2019 ini memakai skema UTBK atau ujian catat berbasiskan computer. Peserta akan miliki kesempatan yang tambah tinggi sebab tes bisa dikerjakan sekitar 2x. Hingga bila tidak senang dengan hasil yang pertama, masih tetap ada peluang mengulang-ulang satu kali lagi. 

     

    Penentuan universitas serta jurusan juga dikerjakan sesudah nilai tes keluar. Peserta bisa pilih universitas serta jurusan yang sama dengan nilai yang mereka punya hingga peluang tidak di terima akan makin kecil. 

     

    Hari H ujian telah makin dekat, yakinkan kamu telah menyiapkan 7 perihal berikut ini ya! 

     

    1. Menyiapkan mental 

     

    Melawan tes SBMPTN tentunya berlainan dengan melawan ujian masuk SMP atau SMA. Tidak hanya soalnya yang tambah lebih sulit serta tanpa kisi-kisi, jumlahnya lawannya juga tambah lebih banyak. Karenanya, kamu mesti betul-betul menyiapkan mentalmu. Janganlah sangat pikirkan mengenai tidak berhasil atau sukses nanti, cukuplah konsentrasi belajar serta yakin jika usaha akan tidak mengkhianati hasil. 

     

    2. Mengawasi kesehatan 

     

    Di celah aktivitas belajarmu, janganlah lupa untuk masih olahraga serta mengawasi skema makan. Janganlah juga sangat sering bergadang serta minum kebanyakan cafein. Mengatur waktumu sebaik-baiknya. Bikinlah skema belajar yang sama sehari-harinya agar kamu tidak kecapekan sebab kurang istirahat. 

     

    Keadaan badan yang tidak fit dapat memengaruhi kerja otak lho. Ditambah lagi jika kamu sampai sakit saat ada ujian. Semua materi yang telah kamu tekuni dapat hilang saat itu juga. Tentu tidak ingin kan? 

     

    Baca Pun: Up-date Paling baru 7 Bukti Terpenting SBMPTN 2019, Telah Siap Belumlah? 

     

    3. Memastikan universitas serta jurusan 

     

    Sering-seringlah ikuti fakulty fair agar kamu tahu bagian apakah yang membuat kamu tertarik. Kamu dapat juga coba bercakap dengan beberapa kakak kelas dari jurusan yang kamu meminati. Tanyakanlah apa perihal yang dipelajari, berapa berat tugas-tugasnya, kurang lebih sama dengan minat serta kemampuanmu ataukah tidak. 

     

    Lihat pun pekerjaan dari alumni-alumni jurusan itu. Janganlah sekedar hanya ingin masuk universitas terkenal saja tiada memperdulikan prospek kerjanya ya. 

     

    4. Yakinkan posisi pilihanmu telah benar 

     

    Jika kamu telah tahu jurusan serta universitas yang kamu kehendaki, jadi langkah selanjutnya ialah membuat prioritas. Mencari tahu dengan tentu passing grade-nya agar kamu tidak salah memastikan posisi. Sebab kekeliruan dalam memastikan posisi dapat menyebabkan begitu fatal. Sederhananya, jika kamu tempatkan tujuan yang tambah tinggi diakhir, jadi kamu akan langsung tersisih waktu tidak keterima di pilihan pertama kan? 

     

    Jangan pernah salah dalam soal yang satu ini sebab dapat membuat kamu begitu menyesal nanti. Bahkan juga dapat membuat kamu ingin mengulang-ulang SBMPTN kembali tahun kedepan. 

     

    5. Mengulang-ulang materi 

     

    Hari ujian telah makin dekat, yakinkan kamu telah kuasai semua materi yang ada. Ulangilah kembali materi yang kamu pikir susah serta janganlah remehkan materi yang kamu kira mudah. Diluar itu, yakinkan pun jika materi yang kamu tekuni telah benar. Terpenting teori hafalan seperti biologi atau geografi. Sebab kadang buku ataupun internet dapat juga salah lho. 

     

    6. Latihan masalah serta turut try out 

     

    Latihan masalah bisa menolong mengetes kemampuanmu. Berapa jauh kamu telah kuasai materi. Coba membuat tujuan berapakah masalah yang perlu kamu lakukan dalam satu hari. Serta janganlah lupa selalu untuk mencocokkan jawabanmu dengan bahasan yang ada. Hingga kamu tahu materi apa yang masih tetap butuh kamu tekuni kembali. 

     

    Sering-seringlah ikuti try out, baik yang diadakan sekolah ataupun umum. Ikuti try out bisa melatih mentalmu agar tidak nerveous waktu ujian kelak. Sekaligus juga dapat lihat kesiapanmu dibanding yang lainnya. 

     

    7. Berdoa 

     

    Semua usaha yang kamu kerjakan akan tidak prima jika kamu belum pernah berdoa. Walau kamu terasa telah menyiapkan semuanya dengan masak, ingat jika cuma Tuhan yang dapat mengendalikan nasib seorang. 

     

    Saat kamu telah berupaya semaksimal mungkin, jadi yang dapat kamu kerjakan tinggal berpasrah serta berdoa. Jika kamu telah berpasrah serta meyakini jika Tuhan tentu tahu apakah yang terunggul untukmu, jadi kamu semakin lebih bersukur dengan hasil apapun yang kamu terima. 

     

    Bersusah-susah di awalnya, bersenang-senang lalu. Masih semangat, kamu tentu dapat!


    your comment
  • Siswa kelas 12 SMAN 6 Banjarmasin disuruh memperhitungkan jurusan yang diambil waktu turut Seleksi Bersama dengan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jalan mandiri atau bidikmisi. 

     

    “Pertimbangankan dengan masak sebelum pilih jurusan. Untuk pengisian data sekolah serta siswa (PDSS) jalan SNMPTN 2019 telah tuntas. Sekarang ini tahapannya verifikasi data siswa. Bila ada data yang salah masih tetap dapat dibenahi,” kata HM Kabri, Kepala SMAN 6 Banjarmasin, Senin (28/1). 

     

    Menurut Kabri, SMAN 6 Banjarmasin memiliki paket 40 % siswa yang dapat masuk jalan SNMPTN sebab akreditasi SMAN 6 ialah A. 

     

    Nilai yang digunakan basic untuk SNMPTN itu mulai semester 1 sampai 5. 

     

    “Untuk jalan SBMPTN, jalan mandiri atau bidikmisi, kita harap siswa serta orang-tua memperhitungkan dengan masak. Jangan pernah salah jurusan,” tuturnya. 

     

    Ditambahkanya, dari pengalaman tahun awal mulanya, ada beberapa siswa yang salah pilih jurusan hingga tahun selanjutnya mesti masuk lagi perguruan tinggi yang lain. 

     

    Langkah semacam ini merugikan siswa baik waktu, cost serta tenaga. 

     

    Kabri mengharap semua lulusan siswa SMAN 6 Banjarmasin dapat meneruskan kuliah di tahap perguruan tinggi. 

     

    Tahun ini ada seputar 244 siswa yang lulus serta diinginkan dapat meneruskan ke tahap perguruan tinggi. 

     

    “Sebagian besar siswa infonya banyak ngambil jurusan pendidikan guru. Tetapi banyak pula yang ambil jurusan yang lain,” tuturnya. 

     

    Ia pun menginginkan semua siswa untuk belajar dengan baik mempersiapkan bahan untuk materi ujian sekolah pada Maret yang akan datang serta Ujian Nasional Berbasiskan Computer (UNBK) pada April yang akan datang. 

     


    your comment
  • KEPALA Pusat Data, Kabar serta Pertalian Penduduk Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan sejumlah jenazah korban gempa serta tsunami di Kota Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah diketemukan di banyak tempat. 

     

    " Saya belum pula bisa banyaknya angka korban. Sejumlah jenazah diketemukan di banyak tempat, " kata Sutopo waktu dihubungi di Jakarta, Sabtu. 

     

    Sutopo menyampaikan berdasar pada konfirmasi dari Tubuh Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) serta Tubuh Penanggulangan Musibah Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah terhadap Posko BNPB, tsunami udah menerjang pantai Talise di Palu serta pantai di Donggala. 

     

    Terkait : struktur teks laporan

     

    Sejumlah video yg didokumentasikan penduduk serta disebarkan di jejaring sosial perihal tsunami di Palu serta Donggala yaitu benar. 

     

    Gempa serta tsunami mengundang korban jiwa. Laporan sesaat terdapat sejumlah korban wafat sebab tertimpa bangunan rubuh. 

     

    " Tsunami pun menerjang sejumlah permukiman serta bangunan di pantai. Banyaknya korban serta efeknya masih pula dalam pendataan, " jelas Sutopo. 

     

    Petugas BPBD, TNI/Polri, Tubuh Nasional Penelusuran serta Pertolongan (Basarnas) , grup kerja piranti daerah (SKPD) serta relawan kerjakan evakuasi serta pertolongan pada korban. 

     

    " Korban yg luka-luka dikerjakan oleh petugas kesehatan. Perlakuan darurat selalu dilaksanakan, " tuturnya. 

     

    Artikel Terkait :  teks cerita ulang

     

    Gempa bumi berkekuatan 7, 7 Taraf Richter yg udah dimutakhirkan oleh BMKG jadi 7, 4 Taraf Richter mengguncang lokasi Palu serta Donggala pada Jumat (28/9) waktu 17. 02 WIB. 

     

    Pusat gempa berkedalaman 10 km. itu ada pada 27 km. Timur Laut Donggala. 

     

    BMKG udah mengaktivasi peringatan awal tsunami dengan status Siaga (tinggi kekuatan tsunami 0, 5 mtr. sampai tiga mtr.) di pantai Donggala sisi barat, serta status Siaga (tinggi kekuatan tsunami kurang dari 0, 5 mtr.) di pantai Donggala sisi utara, Mamuju sisi utara serta Kota Palu sisi barat. 

     


    your comment
  • Apabila histori umumnya dimengerti jadi moment yg berlangsung di saat lampau yg memposisikan manusia jadi aktor sejarahnya, karena itu histori lisan dengan cara simple bisa dimengerti jadi peristiwa-peristiwa histori dipilih yg ada dalam daya ingat (hampir tiap-tiap individu manusia. Membuat peradaban histori di daerah, senyampang menggali nilai-nilai kearifan. Tentulah belajar dari kehadiran teks dokumen arsip, poto, atau ujar lisan dari sesepuh warga ditempat. Dalam jalinan ini, radarcirebon. com coba menelusuri kota tua Tionghoa pasnya Desa Jamblang. Jamblang merupakan nama buah yg dalam bahasa Cirebon duwet. Nama Jamblang lantas dimanfaatkan buat nama suatu daerah, di tempat itu ada suatu pasar bernama Jamblang. Nama Jamblang awalnya ditepi sungai serta di tempat itu ada pohon jamblang yg begitu besar.

    Kala itu, jalan raya manusia menguasai memanfaatkan jalan sungai dengan naik perahu, kendaraan darat belumlah banyak dibikin orang, pedati serta dokar tetap jarang. Banyak pedagang biasanya dari Cina, berlabuh di pelabuhan Celancang san menyambung barang bawaannya dengan perahu hingga ke pedalaman. Di pedalaman belumlah banyak beberapa nama kampung, oleh karena itu banyak pedagang yg hilir mudik lewat jalan sungai pada kala itu menuturkan daerah yg sempat didatanginya dengan mengetahui pohon jadi isyarat. Demikian juga seseorang pedagang Cina bernama Baba Chong An, kerap berdagang dalam sesuatu tempat yg ada suatu pohon jamblang.

    Terkait : contoh teks hikayat bahasa indonesia

    Lantas oleh masyarakat lebih kurang mengatakannya dengan nama Jamblang. Lantaran barang dagangannya laris, Baba Chong An kerap menginap kemudian membuat hunian juga sekaligus berdagang. Dia berdagang ditemani anak gadisnya bernama Liong Sie Tin. Baba Chong An tidak cuman diketahui seseorang pedagang, dia merupakan seseorang pengagung kelenteng. Atas ketekunannya berdagang, dia sukses beli sebidang tanah buat membuat suatu kelenteng. Satu kala, tersebutlah seseorang pemuda bernama Raden Banjar Patoman datang dari Banjar punya tujuan bakal berguru terhadap Sunan Gunung Jati di Cirebon. Dalam perjalanannya ketujuan Cirebon, melalui Jamblang. Lantaran dilihatnya di tempat itu lebih ramai dari beberapa tempat beda, dia lantas berniat mau berwisata. Disaat merasa hunian Baba Chong An, dia menyaksikan Liong Sie Tin tengah tunggu barang dagangan. Raden Banjar Patoman lantas berteman dengan Liong Sie Tin. Dalam perkenalannya, dia berubah menjadi sangatlah akrab dengan anak gadis Baba Chong An. Tetapi, Raden Banjar Patoman mesti menyambung perjalanannya, serta pamit undur diri. Liong Sie Tin mau bersama Raden Banjar Patoman ke Cirebon, kemauannya buat paham situasi di Cirebon. Raden Banjar Patoman blak-blakan terhadap Liong Sie Tin, kalau kepergiannya buat belajar agama Islam. Dia tak berani membawa Liong Sie Tin. Dia janji bakal menemuinya kembali. Raden Banjar Patoman kasmaran pada Liong Sie Tin. Tetapi, Raden Banjar Patoman merasa berat buat melangkahkan kakinya, tinggalkan putri Liong Sie Tin. Tetapi niat belajar agama Islam pada Sunan Gunung Jati, Raden Banjar Patoman mesti tinggalkan Jamblang serta pujaannya.

    Kala itu, Sunan Gunung Jati selesai menghadirkan musyawarah Dewan Wali Sanga serta mengundang Sunan Rangga. Sunan Rangga merupakan istilah beda Ki Kuwu Cakrabuana. Sunan Gunung Jati menyuruh buat menyatukan kayu jati yg bakal dimanfaatkan membuat Masjid Agung Sang Cipta Perasaan Cirebon. Sunan Rangga lantas berbicara berbarengan Sunan Kalijaga mengenai kayu jati yg bakal diambilnya. Artikel Terkait : Sunan Rangga memaparkan ada kayu-kayu mesti dihimpun, kalau kayu itu bakal diambil dari Alas Jati Si Gentong. Seseorang bernama Nyi Rara Denok yg punyai Alas Jati Si Gentong mau memberikan kayu yg bernama Si Topeng yg ada dalam sesuatu pulau kecil bernama pulau Rancang, saat ini Pulau Rancang merupakan suatu dusun di Desa Gegesik Kulon Kecamatan Gegesik. Sesaat, Raden Banjar Patoman selanjutnya bersua Sunan Gunung Jati serta memohon di ajarkan pengetahuan Islam.

    Artikel Terkait : teks pidato singkat

     

    Sunan Gunung Jati terima permintaannya, disuruh biar bersabar tunggu hingga Sunan Kalijaga kembali dari pekerjaan menebang kayu jati buat pembangunan masjid Agung Cirebon. Raden Banjar Patoman rasakan anugerah apabila jadi murid Sunan Gunung Jati, ikut mendukung menyatukan kayu-kayu jati. Sunan Gunung Jati mengijinkannya permohonan Raden Banjar Patoman, buat masuk dengan Sunan Rangga serta Sunan Kalijaga bersama-sama penebang yang lain yg udah ada di Pulau Rancang. Tiada dikira, berbarengan juga Baba Chong An ikut tengah membuat kelenteng, yg saat ini diketahui dengan nama Kelenteng Jamblang.

    Namun dalam pembangunan Kelenteng itu kekurangan kayu buat bubungan. Menurut narasi ujar kalau bubungan Kelenteng Jamblang merupakan kayu jati Si Gentong dari Pulo Rancang pemberian dari Raden Banjar Patoman, tentulah atas seijin Sunan Gunung Jati. Sehabis Kelenteng Jamblang berdiri, lantas Raden Banjar Patoman di terima berubah menjadi tunangan Liong Sie Tin. Serta pada kala itu beberapa orang dari negeri Cina bertandang di lokasi Jamblang, warga asli desa Jamblang lantas tak kalah dengan beberapa orang dari negeri Cina buat berdagang ialah jualan nasi yg dibungkus dengan daun jati, serta berubah menjadi ciri-khas desa Jamblang sampai saat ini.


    your comment


    Follow this section's article RSS flux
    Follow this section's comments RSS flux