• Layak kita akui, lidah Indonesia makin lebih fleksibel berbahasa asing. Tidak sekedar bahasa Inggris—bahasa asing yang lain juga dapat kita lahap. Mengapa, ya? 

     

    Di kelas Pronunciation saat kuliah, dosen saya sempat berkata berkenaan bagaimana orang Indonesia berkata bahasa Inggris dengan baik bila dibanding dengan beberapa negara tetangga. Beliau sempat bergabung dalam komunitas internasional serta memahami kalau beberapa negara gak dapat membebaskan aksennya hingga bikin bahasa Inggris mereka gak semulus gagasan jadianmu dengan gebetan. 

     

    “Orang Singapura, umpamanya. Mereka kerap memberi tambahan ‘lah’ dalam bahasa Inggris—sesuatu yang kita kenal dengan nama Singlish, ” jadi si Dosen. Saya mengangguk-angguk. Benar pun : di Indonesia, tidak ada orang berkata bahasa Inggris mirip Singlish. 

     

    Orang Singapura berbahasa nasional bahasa Inggris. Juga demikian dengan Filipina yang membuat bahasa Inggris jadi bahasa kedua-duanya. Tapi, kedua-duanya masih tetap memakai aksen. Jika kita berubah ke Asia Timur sekalinya, kita dapat menyaksikan contoh yang lebih jelas berkenaan aksen ini dengan cara banyak Oppa serta Unnie berkata bahasa Inggris di Korea Selatan serta beberapa orang yang ada di negara tetangganya, Jepang. 

     

    Usut punyai usut, soal ini di pengaruhi melalui cara bahasa Inggris di ajarkan saat sekian tahun disana. Tidak cuman di ajarkan dengan huruf asli di negara tersebut—huruf Korea serta Jepang—kebanyakan murid habiskan waktu cuma buat mengingat jadwal kata serta mengecek grammar. Kapabilitas praktis tidaklah terlalu dikedepankan hingga sedikit orang tergerak buat berkata bahasa Inggris. 

     

    Apa lidah Indonesia yang fleksibel ini bermakna kalau orang Indonesia seluruh tentu dapat berbahasa Inggris tiada aksen lokal sekalipun? 

     

    Bacalah juga : Bahasa Inggris Ngana Luar Biasa! 

    Jawabannya : tidak semua. 

     

    Proses pembentukan lidah dengan aksen ini berjalan dalam jangka periode yang panjang. Pada titik spesifik, dia mungkin gak kembali dapat dilenturkan, seperti saya yang tiada sadar berkata bahasa Indonesia dengan sentuhan aksen ngapak Banyumasan pada huruf-huruf spesifik. 

     

    Yah, namanya sudah biasa. Situ pun jika telah biasa sama seorang, tentu akan sukar melupakannya, kan? ? ? : ( ( ( 

     

    Terlepas dari beberapa aksen lokal yang memang menghantui, saya kira masih layak kita akui kalau lidah Indonesia makin lebih fleksibel berbahasa asing. Tidak sekedar bahasa Inggris—bahasa asing yang lain juga dapat kita lahap : bahasa Prancis, Jerman, sampai Arab. Meskipun sebenarnya, jika kita lihat, bule-bule di TV saja jika ngomong bahasa Indonesia sukai tidak mulus begitu! Mengapa, ya? 

     

    Meskipun sebenarnya, jika dipikir-pikir, kita-kita ini—orang Indonesia—nggak beruntung-beruntung benar-benar waktu mesti belajar bahasa Inggris serta bahasa asing yang lain. Masalahnya dalam bahasa Indonesia sendiri, kita tidak kenal ide grammar seperti di bahasa asing yang lain. 

     

    [! ! ! ! ! ! ! ! ! 11! ! ! ! 1! ! ] 

     

    Ya, kan? Ya, kan? YA, KAN? ? ? English First (EF), memberi potongan harga sampai Rp 2,3 Juta untuk program terbarunya yang dinamakan EF Small Stars. 

     

    Program itu adalah pengembangan belajar Bahasa Inggris paling baru untuk anak umur 3 sampai 6 tahun. 

     

    Elisabeth Maria, Regional Ditector EF Indonesia mengemukakan, dalam program itu, anak-anak akan belajar sekalian bermain. 

     

    Mereka akan dibawa belajar Bahasa Inggris lewat cara bermain, bernyanyi, menari, serta melihat video berbahasa Inggris. 

     

    "Di awalnya pelajaran, anak-anak tentu dibawa menyanyikan Hello Song. Kelak jam pelajaran tuntas, mereka akan dibawa menyanyikan Goodbye song," tutur Elisabeth. 

     

    Sambungnya, Goodbye Song yang disebut tidak berisi lirik-lirik yang susah. Tetapi berisi semangat buat mereka kembali belajar keesokannya. 

     

    Dalam program itu, dakam satu kelas dapat di isi optimal 10 siswa dengan dua orang pengajar. 

     

    Program itu akan berjalan saat delapan bulan dengan cost seputar Rp 4 juta sampai Rp 7 juta. 

     

    "Harga nya bergantung pada perancangan program yang akan dibikin kelak, dengan waktu belajar optimal delapan bulan," papar Elisabeth. 

     

    Akan tetapi, English First memberi potongan harga sampai Rp 2,3 juta untuk pendaftaran yang dikerjakan ini hari sampai Minggu (3/2/2019). Tujuan saya, manakah berada di bahasa Indonesia kita kenal hukum tenses, plural, bahkan juga banyak kata maskulin serta feminim? ? ? Kita cuma bicara “satu apel” serta “dua apel”, meskipun sebenarnya di bahasa Inggris ditulis jadi “an apple” serta “two apples”. Kita pun cuma katakan “hari Senin” serta “menara”, meskipun sebenarnya dalam bahasa Prancis mereka ditulis jadi “le lundi” serta “la tour”. Repot! 

     

    Tapi demikian, mesti diingat kalau kita (hah, ki—IYA KITA! ) terus dipandang lumayan baik dalam memakai bahasa. Banyak pada orang Indonesia minimal sanggup berkata dua bahasa : bahasa Indonesia serta satu bahasa lokal, seperti bahasa Jawa atau bahasa Sunda. Bahkan juga, suatu kajian katakan kalau Indonesia ialah negara dengan masyarakat sangat banyak yang sanggup berkata tiga bahasa (bahasa Inggris, bahasa Indonesia, serta bahasa lokal Jawa) . 

     

    Bacalah juga : Sudahkah Anda Speak English Hari Ini? 

    Bukti berbeda, komune poliglot (pembicara banyak bahasa) juga ber-flower, eh berkembang baik di Indonesia. Dalam komune daring, dia sudah merangkul lebih dari 10. 000 member—sebuah jumlahnya yang fenomenal apabila ini ialah usaha MLM. Hehe. 

     

    Dari bagian bahasa, terdapatnya konsonan letup alias konsonan plosif di bahasa Indonesia (bunyi /k/, /g/, /c/, /j/, /t/, /d/, /p/, serta /b/) bikin kita makin lebih simpel menyesuaikan dalam bahasa asing dalam proses evaluasi. Perihal ini pula, Saudara-saudara, yang gak banyak dijumpai di negara yang lain serta membuat lidah Indonesia makin lebih fleksibel bila dibanding dengan negara yang lain. 

     

    Jadi perbandingan, diberitakan dari Russia Beyond, orang Rusia nyatanya alami kesusahan berbahasa Inggris. Lewat kajian, permasalahan ini muncul lantaran terdapatnya bunyi huruf yang berlainan pada ke-2 bahasa. Satu diantaranya masalah yang seringkali muncul ialah pencampuradukkan bunyi “s” serta “th” waktu orang Rusia berkata bahasa Inggris. 

     

    Di jelaskan, dalam waktu-waktu evaluasi bahasa Inggris di Rusia, murid-murid mendalami alfabet bahasa Inggris. Tapi, bunyi-bunyi yang diperintah nyata-nyatanya belum pernah dijalankan di Rusia hingga bunyi yang dibuat malah berlainan. 

     

    Terus, bagaimanakah cara orang Rusia mengakali soal ini? 

     

    Yaaah, kerapkali, anak-anak di Rusia mengerjakan perihal yang kerap lidah Indonesia kita kerjakan : membuat banyak kata bahasa Rusia terdengar seperti bahasa Inggris, persis seperti Cinta Laura ngomong, “Nggyak adya ojyek, becyek…. ” 

     

    Andalan!


    your comment
  • Peserta Ujian Nasional Berbasiskan Computer (UNBK) tahun ini sampai 6,2 juta siswa atau bertambah 166% dibanding 2017. Sedang peserta Ujian Nasional Kertas Pencil (UNKP) cuma 1,8 juta siswa. Ujian Nasional 2018 dibarengi keseluruhan 8,1 juta peserta didik dengan 96.000 unit pendidikan. Jumlahnya peserta terdiri atas 6.293.552 siswa (78%) siap ikuti UNBK, serta 1.810.087 siswa (22%) akan ikuti UNKP. 

     

    Disaksikan dari jumlahnya, 78% siswa yang ikuti UNBK ini begitu berarti banyaknya dibanding tahun kemarin. “Tahun awal mulanya yang ikuti UNBK cuma sampai 3,7 juta peserta. Kemendikbud begitu mengapresiasi peranan pemerintah daerah dalam UN tahun ini,” kata Kepala Tubuh Riset serta Peningkatan (Balitbang) Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno waktu pertemuan wartawan UN 2018 di kantor Kemendikbud, Jakarta, tempo hari. 

     

    Kenaikan berarti peserta UNBK tahun ini diantaranya sebab sekolah dapat share gunakan computer yang di milikinya untuk siswa dari sekolah lainnya. Perihal ini dapat dikerjakan sebab tanggal penerapan UN di tahap SMP, SMA, serta SMK dibikin berlainan hingga piranti computer dapat di maksimalkan untuk semua siswa. 

     

    Penerapan UN tahun ini lebih santai sebab UN tak akan men jadi prasyarat kelulusan. Menurut Kepala Tubuh Standard Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi, UNBK dapat tingkatkan indeks jujur dan berkarakter kuat sekolah. Tetapi di lain sisi, ada rintangan yang ditemui yaitu naiknya indeks jujur dan berkarakter kuat mesti dibarengi oleh naiknya prestasi akademik. 

     

    “Ini rintangan bersamanya. Salah satunya langkah untuk tingkatkan adalah dengan asesmen pada penilaian tingkat kelas serta unit pendidikan,” tuturnya. Oleh karenanya, semenjak tahun kemarin ada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan keinginan tingkatkan potensi guru membuat masalah. 

     

    “Karena sampai kini guru condong bertanya masalah apakah yang telah di ajarkan,” tuturnya. Bambang menuturkan, UN tahun ini ada masalah isian singkat pada pelajaran Matematika di tingkat SMA. Diluar itu, Sertifikat Hasil UN (SHUN) sekarang menggunakan digital signature serta bukan tanda-tangan basah. 

     

    Diluar itu, Pertolongan Operasional Sekolah (BOS) dapat juga digunakan untuk membiayai proktor (pengawas) ujian di unit pendidikan. Ia menuturkan, meningkatnya peserta UNBK tidak hanya untuk menggelorakan semangat kejujuran, pun untuk menjawab rintangan lainnya yaitu prestasi belajar. 

     

    Diluar itu, UNBK pun dapat menjawab efektivitas baik dari sisi waktu ataupun penerapan di banding kan UNKP. “UN jalan keluar untuk (penerapan) ujian masif, keadaan Indonesia yang heterogen serta kepulauan yang bergam,” tuturnya. 

     

    Propinsi yang siap mengadakan 100% UNBK pada tahap sekolah menengah kejuruan (SMK), yakni Aceh, Bangka Belitung, Banten, Beng kulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, serta Sulawesi Tengah. 

     

    Pada tahap sekolah menengah atas (SMA), propinsi yang siap mengadakan 100% UNBK salah satunya Aceh, Banten, Bangka Belitung, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

     

    Sesaat propinsi yang siap mengadakan 100% UNBK pada tahap sekolah menengah pertama (SMP), salah satunya DKI Jakarta serta DI Yogyakarta. “Tantangan kita selanjutnya ialah tingkatkan prestasi serta capaian dalam UN. Karena itu memerlukan perbaikan serta penambahan proses evaluasi,” katanya. 

     

    Periset Pusat Studi Pendidikan serta Kebijaksanaan (PSPK) Najeela Shihab merekomendasikan manfaat UN butuh dilihat keseluruhannya. Masalahnya sebenarnya sekarang ini tidak dipakai kembali untuk seleksi masuk perguruan tinggi. Hingga manfaat yang tersisa hanya untuk masuk tahap SMP serta SMA. 

     

    Akan tetapi, manfaat ini juga butuh disaksikan hubungannya dengan zonasi sekolah dan proses penerimaan siswa baru yang lain. Najeela menuturkan, manfaat UN untuk perbaikan pendidikan daerah berkait dengan pemakaian data hasil UN pun tidak jelas implementasinya. 

     

    Contohnya apa daerah akan mendapatkan atau membagikan anggar an lebih untuk peningkatan kompetensi guru atau pembelian bahan ajar yang diperlukan sama dengan hasil ujian. “Ini pun dalam praktiknya kita belumlah temukan rencana serta politik biaya semacam ini,” terangnya. 

     

    Sesaat di lain sisi, manfaat UN di level sekolah, siswa serta guru juga belumlah maksimal untuk memastikan gagasan tindakan yang berkait dengan belajar-mengajar anak. Menurut Najeela, yang penting saat ini ialah mengevaluasi lagi roadmap kebijaksanaan pendidikan nasional yang berkait dengan asesmen serta perbaikan kualitas. 

     

    "Jangan pernah yang muncul cuma ketakutan akan ujian atau penilaian, atau pekerjaan logistik serta penghamburan biaya yang jangan-jangan tidak memberi dukungan penambahan kualitas pendidikan. 

     

    “Tugas Kemendikbud serta pemda tidak cuma dipenyelenggaraan ujian, tetapi pun malah memberi dukungan persiapan semua pihak di ekosistem pendidikan untuk sukses dalam melakukan pendidikan yang terunggul buat anak, sebelum dan setelah ujian,” tuturnya.

     

    Sumber  : cara menentukan median


    your comment
  • Berat tubuh jadi salah satunya tema yang seringkali jadi pemkajian. Kurangi ataupun meningkatkan berat tubuh tidak dapat dikerjakan dengan instant. Jadi, lumrah rasa-rasanya bila beberapa orang terasa frustasi sebab sudah lakukan beberapa langkah untuk memperoleh berat badan baik, terutamanya buat aktor diet. 

     

    Prinsip turunkan berat tubuh sebetulnya lumayan sederhana. Yaitu membakar lebih kalori dibanding yang dikonsumsi. Perhitungan kalori yang masuk serta keluar mungkin simpel. Akan tetapi, mungkin ada sebagian orang yang belumlah memahami langkah mengkalkulasi kalori harian yang dibutuhkan badan. 

     

    Diambil dari Pop Sugar, Jumat (7/9/2018), untuk tahu kalori yang dibakar sehari-hari, Anda mesti memahami jumlahnya pengeluaran daya atau keseluruhan daily energy expenditure (TDEE). Triknya diawali dengan mengkalkulasi tingkat metabolisme basal (BMR). BMR ialah keperluan daya minimum untuk beraktivitas. 

     

    Mengenai langkah menghitungnya dapat dikerjakan dengan mesin atau manual mengaplikasikan rumus matematika Harris-Benediktus yang didasarkan pada berat tubuh, tinggi tubuh, umur, serta type kelamin. 

     

    BMR untuk wanita 

     

    BMR = 655 + (1,8 x tinggi tubuh dalam cm) + (9,6 x berat dalam kg) – (4,7 x usia dalam tahun) 

     

    BMR untuk pria 

     

    BMR = 66 (13,7 x berat dalam kg) + (5 x tinggi dalam cm) – (6,7 x usia dalam tahun) 

     

    Setelah itu, kalikan jumlahnya BMR dengan 1,2 bila Anda tidak aktif melakukan aktivitas. Kalikan dengan 1,375 bila lakukan berolahraga mudah seputar satu sampai 3x satu pekan. Buat yang lakukan berolahraga mudah enam sampai tujuh kali satu pekan, kalikan jumlahnya BMR dengan 1,55. Kalikan dengan 1,75 bila begitu aktif olahraga. Paling akhir, kalikan dengan 1,9 bila Anda lakukan berolahraga 2x satu hari atau lebih. Akhirnya tunjukkan berapakah banyak kalori yang dibakar badan dalam satu hari. 

     

    Contohnya Anda seseorang wanita dengan berat 80 kg serta tinggi tubuh 165 cm, jadi perhitungannya ialah seperti berikut. BMR = 655 (1,8 x 165) + (9,6 x 80) – (4,7 x 24) = 1.607,2 

     

    TDEE = 1.607,2 x 1.55 = 2.491,16 

     

    Nah, bila keseluruhan daya yang dikeluarkan ialah 2.491,16 jadi Anda mesti kurangi konsumsi sampai 500 kalori sehari-hari supaya berat badan cepat turun. Akan tetapi, skema ini cuma hanya tips. Anda mesti berkonsultasi selanjutnya dengan pakar gizi untuk memastikan cara diet yang pas.

     

    Source : sumber referensi


    your comment
  • Mata merupakan satu diantaranya organ krusial yg butuh kita menjaga kesehatannya. Dengan mengembangnya technologi, kerapkali kita malahan kebanyakan memakan waktu buat melekatkan pandangan ke monitor telpon seluler. Pertanda ini lantas bukan hanya hanya terbatas buat orang dewasa saja, namun ikut anak-anak. Perihal itu kerapkali berubah menjadi satu diantaranya yang menimbulkan terganggunya kesehatan mata. 

     

    Oleh sebab itu, utama untuk kita buat mengontrol kesehatan mata buat menjauhi risiko-risiko yg tak dikehendaki. Tak usah risau, mengontrol kesehatan mata tak sukar, kok. Ikuti sebagian tips mengontrol kesehatan mata dibawah berikut ini, 

     

    1. Mengontrol Konsumsi Makanan 

     

    Nyata-nyatanya, makanan ikut berubah menjadi satu diantaranya pemecahan buat mendukung mengontrol kesehatan mata Anda. Tidak cuman wortel, ada sejumlah makanan beda yg dapat dikonsumsi, seperti sayur-mayur berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, jeruk atau buah-buahan sitrus beda, dan seterusnya. 

     

    Beberapa makanan itu mempunyai kandungan nutrisi seperti omega-3, lutein, zinc, dan vitamin C serta E. Sayur berdaun hijau kaya lutein, zeanxanthin, dan vitamin C. Dan, ikan-ikan seperti salmon serta tuna mempunyai kandungan omega-3, begitu juga kacang-kacangan. Disamping itu, jeruk dan buah-buahan sitrus kaya vitamin C, yang memiliki kandungan anti-oksidan buat menantang rusaknya mata di umur senja. 

     

    Tidak hanya itu, cermati juga berat tubuh Anda. Obesitas atau keunggulan berat tubuh menambah kemungkinan diabetes serta problem metode yang lain, seperti penyakit mata lantaran diabetes atau glaukoma. Masalah ini bisa sebabkan problem pada pandangan sampai kebutaan. 

     

    2. Buat perlindungan Mata 

     

    – Radiasi Monitor Pc/Telpon seluler 

     

    Pilih sikap duduk yg nyaman. Yakinkan kalau disaat duduk, kaki bisa menjejak lantai. Hindarkan ambil urutan tertidur miring. Posisikan monitor biar sejajar dengan mata. Apabila mata jadi kering, coba buat paling sering berkedip. 

     

    Perlu diingat buat mengistirahatkan mata Anda tiap-tiap 20 menit sekali. Coba melihat objek yg jauh sepanjang 20 detik, lantas berdiri tiap-tiap 2 jam sekali. 

     

    Mata yg kelamaan memandang monitor bakal alami problem, seperti pandangan yg memburam, mata jadi kering, atau bahkan juga sukar focus pada suatu hal dari jarak jauh. Apabila problem pada mata tak kunjung menghilang, seharusnya lekas komunikasikan terhadap dokter. 

     

    – Perlindungan yang lain 

     

    Pakailah pelindung mata, seperti kacamata pengaman serta goggle, atau model pelindung mata beda privat buat kesibukan khusus. Biasanya lensa pelindung mata terbuat dari polikarbonat, suatu bahan yg 10 kali lebih kuat dari plastik biasa. 

     

    3. Periksa Kesehatan Mata 

     

    Pengecekan kesehatan mata dengan cara teratur bisa mendukung menghindar problem kesehatan mata yg mungkin berlangsung. Walaupun mungkin pandangan merasa jelas atau baik-baik saja, banyak orang-orang malahan tidak mengerti kalau kesehatan mata mereka butuh perawatan lebih dengan memanfaatkan pemberian kacamata atau lensa kontak. Banyak penyakit mata umum seperti glaukoma serta penyakit mata lantaran umur malahan tak punyai tanda-tanda. 

     

    Dengan pengecekan mata, dokter bakal paham tanda-tanda rusaknya atau penyakit pada mata Anda. Lebih baik menghindar ketimbang sebagai obat, khan? 

     

    4. Berhenti Merokok 

     

    Merokok merupakan satu diantaranya sumber penyakit, termasuk juga buat mata. Merokok menambah kemungkinan katarak serta bisa menyebabkan kerusakan jaringan optik Anda, sampai bahkan juga sebabkan kebutaan. 

     

    Menyudahi adat merokok memang tak ringan, namun sangatlah perlu dicoba. Anda bisa juga memohon pemberian dokter buat berhenti merokok. 

     

    5. Mengontrol Kesehatan Mata Dari sejak Awal 

     

    Buat menjauhi kemungkinan problem mata di hari depan, lebih baik Anda mengontrol kesehatan mata si kecil dari sejak awal. Tersebut disini cara-cara yg dapat dilaksanakan : 

     

    Menjaga konsumsi nutrisi serta vitaminnya, ialah dengan berikan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta ikan 

    Kasih mainan yang bisa mendukung perubahan visualnya 

    Cermati apa pupil si kecil kelihatan buram atau berawan 

    Hindarkan kontak langsung dengan matahari 

    Cek mata si kecil dengan cara reguler. 

    Nah, tersebut teknik yg dapat Anda melakukan buat mengontrol kesehatan mata. Mudah-mudahan berfaedah!


    your comment
  • Bersamaan menambahnya umur, perkembangan kulit akan alami pergantian yang cukuplah berarti. Sesudah seseorang wanita mencapai umur 20 tahun, maka terlihat garis keriput pada kulit muka. Serta, sesudah berumur 25 tahun lebih baru akan tampak di bagian kulit yang lain yang tampak mengendur. 

     

    Sedang pada pria, akan mulai terlihat kulit kasar, kendur, serta kering. Ditambah lagi, sesudah mencapai umur 35 tahun, mereka akan terasa tidak yakin diri sebab kulitnya tidak bersinar kembali. Oleh karenanya, begitu penting selalu untuk mengawasi kesehatan kulit semenjak umur muda. 

     

    Walau memang proses penuaan ini tidak bisa dijauhi kembali, akan tetapi tentu saja kita tidak bisa membiarkan kesehatan kulit tidak terurus demikian saja. Nah, untuk mengawasi kesehatan kulit serta supaya terlihat lebih awet muda dapat dikerjakan cara-cara berikut ini.


    your comment


    Follow this section's article RSS flux
    Follow this section's comments RSS flux