• Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Tubuh

    Berat tubuh jadi salah satunya tema yang seringkali jadi pemkajian. Kurangi ataupun meningkatkan berat tubuh tidak dapat dikerjakan dengan instant. Jadi, lumrah rasa-rasanya bila beberapa orang terasa frustasi sebab sudah lakukan beberapa langkah untuk memperoleh berat badan baik, terutamanya buat aktor diet. 

     

    Prinsip turunkan berat tubuh sebetulnya lumayan sederhana. Yaitu membakar lebih kalori dibanding yang dikonsumsi. Perhitungan kalori yang masuk serta keluar mungkin simpel. Akan tetapi, mungkin ada sebagian orang yang belumlah memahami langkah mengkalkulasi kalori harian yang dibutuhkan badan. 

     

    Diambil dari Pop Sugar, Jumat (7/9/2018), untuk tahu kalori yang dibakar sehari-hari, Anda mesti memahami jumlahnya pengeluaran daya atau keseluruhan daily energy expenditure (TDEE). Triknya diawali dengan mengkalkulasi tingkat metabolisme basal (BMR). BMR ialah keperluan daya minimum untuk beraktivitas. 

     

    Mengenai langkah menghitungnya dapat dikerjakan dengan mesin atau manual mengaplikasikan rumus matematika Harris-Benediktus yang didasarkan pada berat tubuh, tinggi tubuh, umur, serta type kelamin. 

     

    BMR untuk wanita 

     

    BMR = 655 + (1,8 x tinggi tubuh dalam cm) + (9,6 x berat dalam kg) – (4,7 x usia dalam tahun) 

     

    BMR untuk pria 

     

    BMR = 66 (13,7 x berat dalam kg) + (5 x tinggi dalam cm) – (6,7 x usia dalam tahun) 

     

    Setelah itu, kalikan jumlahnya BMR dengan 1,2 bila Anda tidak aktif melakukan aktivitas. Kalikan dengan 1,375 bila lakukan berolahraga mudah seputar satu sampai 3x satu pekan. Buat yang lakukan berolahraga mudah enam sampai tujuh kali satu pekan, kalikan jumlahnya BMR dengan 1,55. Kalikan dengan 1,75 bila begitu aktif olahraga. Paling akhir, kalikan dengan 1,9 bila Anda lakukan berolahraga 2x satu hari atau lebih. Akhirnya tunjukkan berapakah banyak kalori yang dibakar badan dalam satu hari. 

     

    Contohnya Anda seseorang wanita dengan berat 80 kg serta tinggi tubuh 165 cm, jadi perhitungannya ialah seperti berikut. BMR = 655 (1,8 x 165) + (9,6 x 80) – (4,7 x 24) = 1.607,2 

     

    TDEE = 1.607,2 x 1.55 = 2.491,16 

     

    Nah, bila keseluruhan daya yang dikeluarkan ialah 2.491,16 jadi Anda mesti kurangi konsumsi sampai 500 kalori sehari-hari supaya berat badan cepat turun. Akan tetapi, skema ini cuma hanya tips. Anda mesti berkonsultasi selanjutnya dengan pakar gizi untuk memastikan cara diet yang pas.

     

    Source : sumber referensi


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: