• Kota Malang Mempunyai Bahasa Ciri Khas.

    Kota Malang serta lokasi Malang Raya diketahui mempunyai bahasa ciri khas yaitu bahasa Jawa walikan alias di balik. Contohnya kera untuk arek yang bermakna anak, licek untuk kecil, serta Ngalam untuk menyebutkan Malang. Nanti, kera-kera licek Ngalam akan dipelajari dengan resmi di bangku sekolah. 

     

    Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Zubaidah mengutarakan jika bahasa Jawa walikan jadi satu diantara keunikan kebudayaan asli Malang. Supaya kekhasan itu tidak luntur serta masih diketahui generasi muda, pihaknya merencanakan untuk masukkan bahasa Jawa walikan atau Malangan dalam kurikulum pendidikan Bahasa Jawa. 

     

    Gagasannya, kurikulum itu akan dikasihkan buat siswa di tingkat Sekolah Basic (SD). Hal tersebut bersamaan dengan gagasan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang lakukan pengaturan Susunan Organisasi serta Tata Kerja (SOTK) baru yang menyatukan masalah pendidikan dengan masalah kebudayaan. "Lewat SOTK baru kelak, Dinas Pendidikan akan meningkatkan bagian mata pelajaran budaya, ini menjadi pekerjaan untuk pelajari budaya lokal," kata Zubaidah. 

     

    Ia menguraikan, lewat bahasa daerah (Jawa), Dinas Pendidikan berusaha untuk memberikan pendidikan berkarakter sekaligus juga satu diantara usaha pelestarian budaya. "Bahasa Malangan ini menjadi jati diri Kota Malang, sampai kini bahasa Jawa asli telah jarang dipakai dalam proses evaluasi," papar Ida, sapaan akrabnya. 

     

    Untuk menarik ketertarikan siswa belajar bahasa daerah, sambungnya, jadi guru menjadi tenaga pendidik butuh mempunyai taktik spesial. Bahkan juga, pihaknya akan membuat pekerjaan evaluasi Bahasa Jawa komplet dengan baju kebiasaan buat semua masyarakat sekolah. "Lewat perubahan tehnologi, siswa dapat mengemukakan narasi dalam Bahasa Jawa atau bahasa Malangan lewat vlog. Ini dapat dipakai menjadi satu diantara cara evaluasi," paparnya. 

     

    Diluar itu, Dinas Pendidikan akan mengadakan tuntunan tehnis (bimtek) buat guru mengenai evaluasi bahasa daerah. "Diinginkan guru serta siswa di Kota Malang mahir berkomunikasi memakai bahasa Jawa," ujarnya.


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: