• Neilson Menuju Keping Emas ke-6

    Lantai 2 Sempoa SIP, Jalan Muding Indah X No. 7, Kerobokan, Kuta Utara saat itu juga berganti jadi panggung Beverly Hills, Jumat (9/11) siang. 

     

    John Forbes Nash, Jr. (dimainkan Russell Crowe, red) dalam siaran perdana film A Beautiful Mind, Kamis 13 Desember 2001 kemarin hidup kembali. 

     

    Pakar matematika Amerika Serikat pemenang Hadiah Nobel 1994 yang wafat tahun 2015 (86 tahun) pasti setuju udah temukan calon alternatif melalui pribadi Neilson Gunawan, 7. 

     

    Siswa kelas 2 Regents School, Bali, yang saat ini menduduki peringkat 1 American Mathematics Olympiad (AMO) 2018 se-Indonesia ini mau rayakan hari Pahlawan, Sabtu (10/11) ini hari lewat cara spesial, yaitu berlatih sempoa. 

     

    Karenanya Jumat (16/11) lain kesempatan Neilson akan mewakili Indonesia pada Singa Singapore Math di Kuala Lumpur, Malaysia. 

     

    “Bahasa Inggris, IPA, Bahasa Mandarin, Bahasa Indonesia. Ialah pelajaran yang ekslusif. Ada tiga kembali coba terka! ” kata Neilson terhadap Jawa Pos Radar Bali kala ditanyai pelajaran yang digemarinya tidak hanya matematika. 

     

    Pertanyaan itu ia jawab sendiri : Bahasa Bali, Leader in Me, serta CD (Class Discussion) . Cas cis cus, Neilson cerita dengan cara runtut perihal segalanya di Regents School. 

     

    Di mulai dari nama rekan, kegiatan membaca buku di perpustakaan sampai awards (penghargaan) diakhir semester. Termasuk juga hukuman jika telat serta nakal. 

     

    Tidak cuma cerita, ia pun mendemokan beberapa pergerakan yang dipelajarinya di sekolah. Menanggapi perbuatan itu, Ibunda Neilson, Sherly, menyebutkan anaknya dengan arti radio rusak. 

     

    “Waktu tidak ada apa-apa (lomba, red) ya mirip ini. Seperti radio rusak. Namun perbedaannya biarpun tengah bermain anak Sempoa SIP kala dikasih bab hitungan mereka masihlah dapat melakukannya, ” papar istri Dhany Gunawan itu. 

     

    Seperti apakah kekuatan Neilson yang pada 2018 mendapatkan lima medali emas di arena World Mathematics Invitational 2018 (final di Korea Selatan) , 

     

    Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) 2018, American Mathematics Olympiad (AMO) 2018, Thailand International Mathematics Olympiad (TIMO) ? Sherly menjawab penuh kepercayaan. 

     

    “Kalau dari sisi berhitung Neilson saat ini dapat menambahkan serta pengurangan dengan membayang atau tiada butuh sempoa sampai ke beberapa ribu. 

     

    Kalaupun perkalian serta pembagian juga dapat membayang sampai beberapa ribu, ” tuturnya sekalian berikan contoh perkalian pembagian itu seperti 367x86 atau 4271x8. 

     

    “Jadi beberapa ratus kali beberapa puluh atau beberapa ribu kali grup. Tiada alat dapat, ” sambung Director Sempoa SIP Bali yang beroperasi semenjak Januari 2016 kemarin. 

     

    Berkaitan kekuatan pemikiran, Sherly terasa Neilson sama dengan anak kelas 3 SD. Menariknya, berlatih sempoa jelas Sherly tidak belajar matematika ; akan tetapi aritmatika serta pengoptimalan kekuatan otak anak. 

     

    Dirinya sendiri pun pastikan Neilson serta beberapa puluh anak berprestasi didikan Sempoa SIP jauh dari arti depresi. 

     

    “Neilson tahu angka seperti menyerap bahasa. Di usianya saat ini berikut kekuatan itu dapat berkembang dengan cara optimal sampai umur 12 tahun lantaran umur 3-12 tahun 

     

    ialah periode keemasan otak anak. Ia benar-benar tidak takut pada angka. Jadi mencintainya. Tersebut keyword belajar sempoa, ” tegasnya. 

     

    Disinggung bab peluang Neilson disandingkan atau berlaga dengan Gubernur Bali Wayan Koster yang pakar matematika, Sherly tersenyum. 

     

    “Amin Pak. Mudah-mudahan anak-anak ini dapat membawa harum nama Indonesia serta Bali terutamanya. Senantiasa jelas terkadang cukup kasihan ama anak-anak berprestasi ini. Apresiasinya memang kurang, ” tutupnya.


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: