• Pembuat Peta dan Buku Perjalanan Abad 15 Membantu Kita Memahami Dunia

    Seperti sinar jelas dalam kabut tebal, buku pedoman perjalanan serta peta tua jadi pegangan beberapa navigator, penjelajah, musafir serta beberapa ilmuwan di era ke-15 serta ke-16 berjalan beberapa langkah buat beberapa langkah, memetakan dunia serta sangat mungkin kita memanfaatkan jari kita buat menggunakan saat ini. 

     

    Teater Dunia menghiasi lukisan kecil di kapal Ferdinand Magellan, Victoria. 

    Menyaksikan penerapan navigasi di telephone pandai yang mempermudah kita berjalan cepat dari titik A ke titik B udah seperti tradisi baru kita saat ini. Saat ini, ibaratnya, dunia udah masuk dalam saku kita. 

     

    Akan tetapi begitu mengagetkan menyaksikan bagaimana sejumlah era lantas, sewaktu pengetahuan mengenai geografi belum pula seutuhnya dipetakan, serta kepercayaan agama serta ketakutan akan perihal yang tdk didapati masihlah kuat berakar, sesaat sains masihlah berkembang di babak awal. 

     

    " Coba lihat ini, " tutur Mattea Gazzola sambil menunjuk planisfero (peta dunia berupa bundar atau planisfer) yang berumur 570 tahun di muka kami, dengan lengan yang dibungkus sarung tangan. 

     

    " Di samping timur yaitu Firdaus yang diibaratkan menjadi kota bertembok yang dihiasi dengan menara-menara. Di selatan yaitu padang pasir yang panasnya tidak tertahankan, serta di utara terhampar padang pasir yang tdk berpenghuni sebab begitu dingin. Serta di pusat dunia terdapat Yerusalem. " 

     

    Planisfer yang dibikin oleh Gionvanni Leardo berdasar pada mode geosentris Ptolomeus 

    Peta dunia bikinan tahun 1448 yang dilukis diatas perkamen (kulit binatang) oleh kartografer Venesia, Giovanni Leardo, sangat indah serta fantastis. 

     

    Mengkombinasikan mode geosentris Ptolomeus (gagasannya kalau Bumi yaitu pusat Tata Surya) , kepercayaan Kristen, simbol-simbol pagan, teori geografis Arab, serta formula ilmiah, peta itu tampilkan benua-benua menurut pengetahuan beberapa orang Eropa waktu itu, yang dikelilingi samudera nan luas. 

     

    Enam lingkaran konsentris yang digambar mengitari dunia serta di isi dengan angka-angka serta huruf-huruf kecil serta rapi, yang sangat mungkin pemakai mempertimbangkan kapan Paskah datang, penanggalan di tahun itu dan pergantian serta perubahan Bulan. 

     

    Kata 'planisfero' kata Italia yang datang dari bahasa Latin planus (datar) serta sphaera (bundar) , serta cuma ada tiga peta dunia termasyhur yang digambar dengan tangan serta di tandatangani oleh Leardo. 

     

    Yang paling tua (1442) disimpan di Biblioteca Cumunale di Verona ; mengenai yang terkini (1452) disimpan oleh American Geographical Society Library ; serta ada peta pada kedua-duanya (1448) sebagai koleksi kebanggaan Biblioteca Civica Bertoliana di Vicenza, kota kecil di Italia, yang terjepit pada Venesia serta Verona. 

     

    Lima negara yang sangat berpengaruh pada budaya dunia 

    Aliran air bawah tanah Qanat, keajaiban technologi peninggalan Iran kuno 

    Albania : negeri tempat beberapa pemeluk agama sama-sama bergandengan tangan 

    Disimpan di sisa biara Somascan, arsip di Biblioteca Civica Bertoliana berisi beberapa ribu buku serta manuskrip langka. Bila dibariskan, mereka akan membentang lebih dari 19 km.. 

     

    Saat bertahun-tahun, buku-buku itu disumbangkan terhadap perpustakaan itu oleh keluarga-keluarga bangsawan kaya di Vicenza, satu kota yang tenar dengan warisan arsitektur, perdagangan sutera serta perhiasan yang bersejarah, dan kesetiaan mereka terhadap Republik Venesia diwaktu masa kejayaan maritimnya. 

     

    Serta saat ini, sejumlah buku-buku serta manuskrip sangat memiliki nilai serta fantastis itu tergeletak diatas meja kuno besar di muka saya, di ruang arsip perpustakaan yang berdebu. 

     

    Sesungguhnya pedoman perjalanan, buku-buku serta peta-peta ini dipakai oleh beberapa pelaut, akademisi serta musafir di era ke-15 serta ke-16 buat berlayar serta mengeksplorasi dunia. 

     

    Sekalian membolak-balik benda bersejarah itu, Gazzola - pengarsip perpustakaan- menuturkan satu cerita. 

     

    Masa baru pemetaan dunia 

    Pada kurun waktu pada penemuan mesin bikin pada 1440 serta Era Penjajakan, yang menggapai salah satunya puncaknya diakhir era ke-15 serta awal era ke-16, satu revolusi berlangsung dalam seni pembuatan peta serta keterangan mengenai dunia. 

     

    Pengetahuan dari tangan pertama yang didapat dari pelayaran, perdagangan, penemuan-penemuan geografis, perhitungan matematika yang ruwet serta bahkan juga ziarah keagamaan ke arah Tanah Suci ada membanjiri serta merubah garis besar peta pada waktu itu. 

     

    Dalam 150 tahun, mode geografis planisfero ala Leardo udah dibiarkan, serta dunia yang kira-kira kita kenal waktu ini mulai nampak. 

     

    Satu langkah utama pada periode itu yaitu publikasi (pada tahun 1475 di Vicenza) edisi bikin Geografi Ptolemeus dalam bahasa Latin. 

     

    Claudius Ptolemeus, pakar matematika, astronomi serta geografi keturunan Yunani Romawi di era ke-2 Masehi, udah mendeskripsikan dunia yang diketahui terhadap Kekaisaran Romawi waktu itu serta memperlihatkan koordinat geografis di semua tempat. 

     

    Yang nampak lalu, Bumi adalah satu bagian datar seputar 70 derajat yang melebar dari Cadiz ke barat serta India atau Cathay (Cina) mengarah timur. 

     

    Peta yang berdasar pada Geografi Ptolomeus memfasilitasi perjalanan eksplorasi saat era ke-15. 

    Karya Ptolemeus lalu diketemukan kembali oleh seseorang pakar dari Bizantium bernama Maximus Planudes pada era ke-13, serta saat beberapa ratus tahun Ptolemeus dipandang seperti otoritas paling tinggi dalam segala sesuatu sehubungan kartografi serta geografis. 

     

    Sayangnya, peta aslinya sudah hilang, serta Planudes membuat kembali berdasar pada teks serta koordinat terdaftar.  

     

    Sehabis Geografi Ptolemeus dialihkan dari bahasa Yunani ke bahasa Latin pada tahun 1406 , semakin banyak peta yang digambar oleh sejumlah kartografer yang tidak serupa berdasar pada teks, koordinat serta perhitungan matematika dari Ptolemeus. 

     

    Peta-peta ini memfasilitasi perjalanan eksplorasi saat era ke-15 serta jadi pionir kelahiran kembali kartografi. 

     

    Pada 1475, Geografi Ptolemeus edisi Vicenza tdk masukkan peta (cuma teks serta koordinat asli) . Meski demikian, Gazzola perlihatkan pada saya edisi paling akhir karya utama yang diluncurkan di Roma pada 4 November 1490. 

     

    Sekitar 31 peta yang dibuat lewat cara detail, udah diwarnai dengan warna kuning serta kuning tua buat tanah serta warna biru buat lautan, diselipkan pada buku yang besar serta tebal. 

     

    Umumnya buat satu incunabulum (makna yang dipakai buat memperlihatkan buku cetakan edisi sangat awal, khususnya yang dibuat sebelum 1501) , buku itu tdk miliki gambar halaman depan. 

     

    Seperti satu manuskrip, edisi awal dari Geografi Ptolemeus langsung mulai dengan teks tiada pengantar apa pun. 

     

    " Halaman muka yang tampilkan nama penulis, karya serta tanggal bikin serius baru dipakai sehabis tahun 1500, " jelas Gazzola. 

     

    Soal ini berlangsung sewaktu sarjana serta penerbit Aldus Manutius kerjakan revolusi dii dunia bikin. " Dialah yang memulai buku moderen. " 

     

    Di saat dominasi beberapa orang Venesia atas laut Adriatik serta Mediterania, Manutius yang dirikan kantor percetakan Aldine Press (di Venesia) , yaitu orang pertama yang mengenalkan font (huruf bikin) italic, serta menerbitkan lebih dari 130 buku dalam bahasa Yunani serta Latin. 

     

    Pelopor pedoman perjalanan moderen 

    Buku perjalanan seterusnya yang dipertunjukan Gazzola terhadap saya miliki halaman muka yang detail serta dibuat dengan indah. 

     

    Serta satu judul yang benar-benar panjang : Quae intus continentur Syria, Palestina, Arabia, Aegyptus, Schondia, Holmiae, Regionum Superiorum Singuale Tabulae Geographicae. 

     

    Karya Jacobus Ziegler termasuk juga uraian yang memiliki tujuan buat menopang beberapa musafir ke arah tanah Kitabiyah. 

    Ditulis oleh seseorang humanis serta teolog dari Bavaria, Jacobus Ziegler, serta diterbitkan pada tahun 1532 di Strasbourg, ini adalah pelopor pedoman perjalanan moderen. 

     

    Buku ini termasuk keterangan detail mengenai tanah-tanah Alkitab serta memiliki tujuan buat menopang beberapa peziarah dalam perjalanan ke arah kesana. 

     

    Berisi kabar mengenai beragam kota disana serta tradisi-tradisi lokal, hingga membuat type spesifik buat juta-an pedoman perjalanan yang akan diluncurkan di semua dunia mulai saat itu dan lain-lain. 

     

    Gazzola ambil satu buku kecil bersampul kulit yang digambarkan menjadi 'molto geniale' atau 'very clever' dalam bahasa Inggris. 

     

    Ini dia Cosmographia (yang dikenal juga menjadi Cosmographicus Liber) karya seseorang humanis serta pemilik percetakan Jerman, Petrus Apianus. 

     

    Diketahui sebab karyanya di bagian matematika, kartografi serta astronomi, Apianus menerbitkan Cosmographia di tahun 1524. 

     

    Itu yaitu salah satunya karya pertama yang menjadi dasar geografi pada matematika serta pengukuran. 

     

    Karya itu adalah keberhasilannya yang dibuat lagi sekitar 30 kali dalam 14 bahasa. 

     

    Salah satunya yang tengah saya lihat yaitu edisi pertama dalam bahasa Latin yang dibuat pada tahun 1540 di Antwerp (satu diantara tiga pusat percetakan Eropa awal, beserta Venesia serta Paris) 

     

    " Saya datang dari negara yang udah tidak lagi ada " 

    Akhir dari rutinitas keju di Prancis utara 

    Nikmati makan siang (serta perbincangan magis kemudian) unik Spanyol 

    Cosmographia tenar sebab pemanfaatan volvelles, diagram roda dengan sisi yang berputar-putar buat mendalami astronomi serta navigasi. 

     

    Dibikin dengan menumpuk sekian lembar kertas bikin, volvelle membuat instrumen yang ruwet - contoh awal kalkulator atau satu computer analog - yang sangat mungkin pemakai tentukan urutan bintang-bintang, babak bulan serta pertanda zodiac, dan beberapa faktor utama beda dalam pelayaran. 

     

    " Persiapkan lempengan-lempengan kayu buat dibuat di sisi-sisi yang tidak serupa dari volvelles yang ruwet butuh waktu beberapa minggu, " kata Gazzola sambil dengan berhati-hati memutar susunan atas dari satu piranti ini buat perlihatkan terhadap saya kalau kertas yang dipakai buat konstruksi itu dibuat dengan not-not musik pada bagian belakang. 

     

    Tempat percetakan pada waktu itu akan mendaur lagi, bahkan juga hingga sampai potongan paling kecil, sebab tingginya harga kertas. 

     

    Tidak hanya dari empat volvelles, Cosmographia pun tenar sebab berisi peta dunia, sebagai salah yang sangat awal buat memperlihatkan lewat cara detail semua pantai timur Amerika Utara. 

     

    Pengetahuan geografis senantiasa berkembang waktu itu. Salah satunya hal yang berperan buat soal ini yaitu literatur tekhnis perjalanan - kelompok buku sempoa, tarif pelabuhan, glosarium multibahasa, peta serta buku-buku penunjuk jalan - menopang Italian Maritime Republics mendalami serta mengamati rute perdagangan serta kapal-kapal militer di Mediterania. 

     

    Perkamen peta yang digambar dengan memanfaatkan tangan dimaksud 'portolanos' dibikin oleh beberapa kartografer kapal. 

    Beberapa kartografer yang kerja di kapal membuahkan grafik laut yang detail. Gazzola menentukan satu portolano, peta perkamen yang digambar tangan yang memperlihatkan semua pelabuhan yang didapati di Mediterania, kota-kota pesisir, rute angkatan laut, lokasi galangan, serta titik-titik kompas. 

     

    Ikon-ikon kecil mendeskripsikan pembawaan semasing tempat. Umpamanya, ada gambar unta, singa serta burung unta di pantai Afrika. 

     

    Bendera warna-warni berkibar diatas simbol kota yang ditunjuk, serta nama tempat yang tdk terhitung jumlahnya berjejer di garis pantai. 

     

    Portolano datang dari paruh ke-2 era ke 16. Karenanya yaitu alat kerja, karena itu tdk di tandatangani oleh penulisnya serta perubahannya bisa dikerjakan dengan bebas, sesuai sama kepentingan navigasi kapal yang dipakai.

     

    Tautan : sumber artikel


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: