• SBMPTN Semakin Dekat

    Di tahun 2019 ini, skema ujian SBMPTN alami pergantian dibanding tahun awal mulanya. Tes Kekuatan Akademik (TPA) sekarang dirubah jadi Tes Kekuatan Skolastik (TPS). Sedang Tes Potensi Basic (TKD) dirubah jadi Tes Potensi Akademik. Tetapi utamanya, tidak ada ketidaksamaan yang besar. 

     

    Akan tetapi, peluang masalah yang diujikan kelak miliki level kesusahan yang tambah tinggi. Sebab gagasannya akan memakai soal-soal HOTS (High Order Thinking Skills). 

     

    Penerapan ujian SBMPTN tahun 2019 ini memakai skema UTBK atau ujian catat berbasiskan computer. Peserta akan miliki kesempatan yang tambah tinggi sebab tes bisa dikerjakan sekitar 2x. Hingga bila tidak senang dengan hasil yang pertama, masih tetap ada peluang mengulang-ulang satu kali lagi. 

     

    Penentuan universitas serta jurusan juga dikerjakan sesudah nilai tes keluar. Peserta bisa pilih universitas serta jurusan yang sama dengan nilai yang mereka punya hingga peluang tidak di terima akan makin kecil. 

     

    Hari H ujian telah makin dekat, yakinkan kamu telah menyiapkan 7 perihal berikut ini ya! 

     

    1. Menyiapkan mental 

     

    Melawan tes SBMPTN tentunya berlainan dengan melawan ujian masuk SMP atau SMA. Tidak hanya soalnya yang tambah lebih sulit serta tanpa kisi-kisi, jumlahnya lawannya juga tambah lebih banyak. Karenanya, kamu mesti betul-betul menyiapkan mentalmu. Janganlah sangat pikirkan mengenai tidak berhasil atau sukses nanti, cukuplah konsentrasi belajar serta yakin jika usaha akan tidak mengkhianati hasil. 

     

    2. Mengawasi kesehatan 

     

    Di celah aktivitas belajarmu, janganlah lupa untuk masih olahraga serta mengawasi skema makan. Janganlah juga sangat sering bergadang serta minum kebanyakan cafein. Mengatur waktumu sebaik-baiknya. Bikinlah skema belajar yang sama sehari-harinya agar kamu tidak kecapekan sebab kurang istirahat. 

     

    Keadaan badan yang tidak fit dapat memengaruhi kerja otak lho. Ditambah lagi jika kamu sampai sakit saat ada ujian. Semua materi yang telah kamu tekuni dapat hilang saat itu juga. Tentu tidak ingin kan? 

     

    Baca Pun: Up-date Paling baru 7 Bukti Terpenting SBMPTN 2019, Telah Siap Belumlah? 

     

    3. Memastikan universitas serta jurusan 

     

    Sering-seringlah ikuti fakulty fair agar kamu tahu bagian apakah yang membuat kamu tertarik. Kamu dapat juga coba bercakap dengan beberapa kakak kelas dari jurusan yang kamu meminati. Tanyakanlah apa perihal yang dipelajari, berapa berat tugas-tugasnya, kurang lebih sama dengan minat serta kemampuanmu ataukah tidak. 

     

    Lihat pun pekerjaan dari alumni-alumni jurusan itu. Janganlah sekedar hanya ingin masuk universitas terkenal saja tiada memperdulikan prospek kerjanya ya. 

     

    4. Yakinkan posisi pilihanmu telah benar 

     

    Jika kamu telah tahu jurusan serta universitas yang kamu kehendaki, jadi langkah selanjutnya ialah membuat prioritas. Mencari tahu dengan tentu passing grade-nya agar kamu tidak salah memastikan posisi. Sebab kekeliruan dalam memastikan posisi dapat menyebabkan begitu fatal. Sederhananya, jika kamu tempatkan tujuan yang tambah tinggi diakhir, jadi kamu akan langsung tersisih waktu tidak keterima di pilihan pertama kan? 

     

    Jangan pernah salah dalam soal yang satu ini sebab dapat membuat kamu begitu menyesal nanti. Bahkan juga dapat membuat kamu ingin mengulang-ulang SBMPTN kembali tahun kedepan. 

     

    5. Mengulang-ulang materi 

     

    Hari ujian telah makin dekat, yakinkan kamu telah kuasai semua materi yang ada. Ulangilah kembali materi yang kamu pikir susah serta janganlah remehkan materi yang kamu kira mudah. Diluar itu, yakinkan pun jika materi yang kamu tekuni telah benar. Terpenting teori hafalan seperti biologi atau geografi. Sebab kadang buku ataupun internet dapat juga salah lho. 

     

    6. Latihan masalah serta turut try out 

     

    Latihan masalah bisa menolong mengetes kemampuanmu. Berapa jauh kamu telah kuasai materi. Coba membuat tujuan berapakah masalah yang perlu kamu lakukan dalam satu hari. Serta janganlah lupa selalu untuk mencocokkan jawabanmu dengan bahasan yang ada. Hingga kamu tahu materi apa yang masih tetap butuh kamu tekuni kembali. 

     

    Sering-seringlah ikuti try out, baik yang diadakan sekolah ataupun umum. Ikuti try out bisa melatih mentalmu agar tidak nerveous waktu ujian kelak. Sekaligus juga dapat lihat kesiapanmu dibanding yang lainnya. 

     

    7. Berdoa 

     

    Semua usaha yang kamu kerjakan akan tidak prima jika kamu belum pernah berdoa. Walau kamu terasa telah menyiapkan semuanya dengan masak, ingat jika cuma Tuhan yang dapat mengendalikan nasib seorang. 

     

    Saat kamu telah berupaya semaksimal mungkin, jadi yang dapat kamu kerjakan tinggal berpasrah serta berdoa. Jika kamu telah berpasrah serta meyakini jika Tuhan tentu tahu apakah yang terunggul untukmu, jadi kamu semakin lebih bersukur dengan hasil apapun yang kamu terima. 

     

    Bersusah-susah di awalnya, bersenang-senang lalu. Masih semangat, kamu tentu dapat!


  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: